PkM Merancang Perangkat Filipped Classroom

Asep Hidayat, Nantia Rena Dewi Munggaran, Ria Herdhiana | 9/11/2021 | Hits: 253

Mulai bulan Oktober 2021, MTs. Miftahulfalah Bandung telah menyelenggarakan Pembelajaran tatp Muka Terbatas, di mana pembelajarn dilaksanakan secara daring dan luring. Ada sejumlah kendala yang dihadapi, diantaranya keluhan para guru adalah kesulitan melakukan kontrol atas pembelajaran; siswa harus menghabiskan waktu mengerjakan pekerjaan rumah; orang tua tidak memiliki pengetahuan tentang mata pelajaran dan tidak dapat membantu mereka dengan pekerjaan rumah mereka.

Untuk lebih meringankan kendala tersebut Tim PkM Universitas Langlangbuana, yang terdiri dari Asep Hidayat dan Ria Herdihana dari prodi Pendidikan Ekonomi FKIP dan Nantia Rena Dewi Munggaran dari prodi Ilmu Komunikasi melaksanakan program pengabdian dengan topik Merancang Perangkat Flipped Classroom. Flipped Classroom adalah jenis pembelajaran campuran di mana siswa diperkenalkan dengan konten di rumah, berupa video pembelajaran dan berlatih mengerjakannya di sekolah.

Pengabdian dilaksanakan pada tanggal 6 - 9 November 2021 dengan model pelatihan Flipped Classroom. Tujuan PkM adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam memilih video pembelajaran dan membuat video pembelajaran, baik berupa video tutorial, film pendek maupun VPT (Voice Over Power Point). dan eningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam merancang aktivitas pembelajaran dalam bentuk RPP satu halaman dan melaksanakannya dalam pembelajaran.


Kategori: MBKM