Selamat datang!

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana (FKIP UNLA) adalah salah satu fakultas dari lima fakultas yang ada di lingkungan Universitas Langlangbuana. Berdiri sejak tahun 1983 dan telah meluluskan sarjana pendidikan yang berhasil berkiprah di masyarakat, baik sebagai guru profesional maupun profesi lain termasuk didalamnya sebagai wirausaha yang sukses.

Visi, Misi, Tujuan dan Profil Lulusan

Program Studi

FKIP Universitas Langlangbua memiliki tiga program studi berakreditasi B dari BAN-PT. dengan profil lulusan sebagai berikut:

Menjadi fakultas yang unggul dalam menghasilkan lulusan yang profesional dan inovatif dalam bidang pendidikan dan keguruan menuju masyarakat sejahtera di ASEAN tahun 2030.

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang mampu menghasilkan guru yang unggul, profesional dan inovatif.
  2. Menyelenggarakan penelitian pendidikan dan keguruan kreatif, inovatif berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan Negara.
  1. Dihasilkannya guru yang profesional dan memiliki kompetensi pendidik sesuai dengan standar nasional.
  2. Dihasilkannya penelitian yang bermutu tinggi baik dalam kuantitas maupun kualitas dan berguna bagi kemajuan serta pengembangan ilmu pengetahuan.
  3. Terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk membantu memecahkan masalah di masyarakat di bidang pendidikan dan pembelajaran.
  4. Terwujudnya tata pamong FKIP yang bermoral, profesional, modern, transparan, dan akuntabel
  5. Terjalinnya kerjasama dalam bidang Tridharma yang mendukung upaya menghasilkan guru profesional.
  6. Terbentuknya karakter mahasiswa, keakraban, terlaksananya kegiatan keagamaan mahasiswa, dan terlaksananya berbagai kegiatan kehidupan kampus.
  7. Terjalinnya kerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan yang saling menguntungkan dan tercapainya lulusan yang profesional.
  8. Meningkatnya kualitas pelayanan Tridharma perguruan tinggi yang efektif dan efisien, serta dapat dipertanggungjawabkan.
  1. Bekerja sebagai guru profesional sesuai Sertifikat Pendidik yang dimilikinya.
  2. Bekerja sebagai tenaga pendidik pada jalur pendidikan nonformal, dengan bidang keahlian sesuai dengan program studi yang ditempuhnya.
  3. Bekerja di luar bidang keguruan, baik bekerja dengan orang lain maupun bekerja mandiri sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.
  1. Bekerja sebagai guru profesional untuk mata pelajaran ekonomi sebagai bagian dari IPS di SMP/MTs, dan mata pelajaran ekonomi termasuk akuntansi di SMA/SMK/MA.
  2. Bekerja sebagai mentor, instruktur pelatihan dan widyaiswara ekonomi dan akuntansi di satuan pendidikan jalur pendidikan nonformal.
  3. Bekerja pada perusahaan jasa dan industri sesuai dengan sertifikat kompetensi yang dimilikinya dalam bidang ekonomi dan akuntansi.
  4. Bekerja secara mandiri dalam lingkup Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.
  1. Bekerja sebagai guru profesional untuk mata pelajaran matematika di SMP, MTs, SMA, MA dan SMK.
  2. Bekerja sebagai mentor, instruktur pelatihan dan widyaiswara matematika di satuan pendidikan jalur pendidikan nonformal.
  3. Bekerja pada perusahaan jasa dalam bidang penelitian.
  4. Bekerja secara mandiri dalam lingkup pendidikan.
  1. Bekerja sebagai guru profesional baik sebagai guru kelas maupun guru mata pelajaran pada sekolah dasar.
  2. Bekerja sebagai mentor, instruktur pelatihan dan widyaiswara bidang pedagogik di satuan pendidikan jalur pendidikan nonformal.
  3. Bekerja pada perusahaan jasa dan industri sesuai dengan sertifikat kompetensi yang dimilikinya dalam bidang pedagogik.
  4. Bekerja secara mandiri dalam lingkup Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Info FKIP

Beragam aktivitas yang dilakukan oleh FKIP Universitas Langlangbuana mulai dari pendidikan, penelitian, pengabdian dan kegiatan penunjang lainnya. Semuanya dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan kepada seluruh pemangku kepentingan. Berikut ini lima aktivitas terbaru kami.

Info FKIP

Implementasi Hak Belajar Tiga Semester di Luar Prodi Pendidikan Ekonomi
Asep Hidayat | 10/12/2021

Program MBKM (Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka) merupakan salah satu kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa untuk memiliki berbagai keilmuan yang berguna dalam dunia kerja, karena menurut beliau profesi saat ini tidak hanya menuntut kemampuan satu kompetensi. Program ini menjadi upaya untuk pengembangan inovasi terhadap tuntutan tersebut yang membutuhkan kombinasi dari beberapa disiplin ilmu. Salah satu program dari kebijakan ... Baca Selanjutnya

Workshop Penulisan Artikel Ilmiah
Rika Widya Sukmana | 25/11/2021

Kegiatan Workshop dilakukan pada hari Kamis, 25 Nopember 2021 pukul 08.30 sampai 12.00 wib Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Dekan FKIP. Beliau menyampaikan bahwa Dosen  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan banyak yang telah menerbitkan hasil penelitian dan pengabdian di jurnal nasional maupun internasional. Untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas penulisan artikel ilmiah dosen khususnya di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universtitas Langlangbuana maka diadakan ... Baca Selanjutnya

MoA FKIP UNLA dan SLB BC Bina Kasih Bandung
Rika Widya Sukmana | 24/11/2021

Pada hari Rabu tanggal 3 Nopember 2021, Dekan FKIP Universitas Langlangbuana melakukan Memorandum of Agreement (MoA) dengan Sekolah Luar Biasa BC Bina Kasih Bandung. Tujuan MoA yaitu untuk selain untuk menjalin silaturahmi dengan pendiri SLB Bina Kasih yaitu Profesor Tatat, juga memberikan kesempatan kepada Dosen dan mahasiswa FKIP Unla untuk memperluas tempat “belajar di tengah masyarakat”. Sebagaimana dikatakan oleh Profesor Tatat bahwa dukungan atau support dari Perguruan Tinggi ... Baca Selanjutnya

Klinik Matematika
Rika Widya Sukmana | 24/11/2021

Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unla mengadakan Klinik Pembelajaran Matematika untuk mahasiswa prodi Pendidikan Matematika pada tanggal 24 Nopember 2021. Seluruh dosen prodi Matematika terlibat dalam kegiatan ini. Mahasiswa prodi Pendidikan Matematika Unla yang terlibat yaitu mahasiwa semester 3, 5 dan 7.

Workshop RPS dan Modul
Rika Widya Sukmana | 13/11/2021

Kegiatan Workshop dilakukan pada hari Sabtu, 13 Nopember 2021 pukul 09.00 sampai 12.00 wib. Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Dekan FKIP. Narasumber workshop RPS dan Modul yaitu Dr. Pupung Purnamasari, dari Universitas Islam Nusantara. Mampu merancnag pembelajarn dan menyusun rencana pembelajarn semester sesuai dengan SN-Dikti. Materi pembelajaran: Sekilas tentang CPL Prodi Penjabaran CPL pada Mata kuliah Analisis Pembelajaran Bentuk dan Metode Pembelajarn Menyusun RPS Mata Kuliah ... Baca Selanjutnya

PkM Merancang Perangkat Filipped Classroom
Asep Hidayat, Nantia Rena Dewi Munggaran, Ria Herdhiana | 9/11/2021

Mulai bulan Oktober 2021, MTs. Miftahulfalah Bandung telah menyelenggarakan Pembelajaran tatp Muka Terbatas, di mana pembelajarn dilaksanakan secara daring dan luring. Ada sejumlah kendala yang dihadapi, diantaranya keluhan para guru adalah kesulitan melakukan kontrol atas pembelajaran; siswa harus menghabiskan waktu mengerjakan pekerjaan rumah; orang tua tidak memiliki pengetahuan tentang mata pelajaran dan tidak dapat membantu mereka dengan pekerjaan rumah mereka. Untuk lebih meringankan ... Baca Selanjutnya

Pelatihan Dosen dalam Persiapan Mengikuti Sertifikasi Microsoft
Rika Widya Sukmana | 1/11/2021

Program Studi Pendidikan Matematika memperoleh dana hibah PKKM (Program Kompetisi Kampus Merdeka) tahun 2021. Salah satu tujuan dari kegiatan PKKM yaitu meningkatkan kualitas dosen dan relevansi Perguruan Tinggi. Untuk itu, pada tanggal 1-3 November 2021, prodi Pendidikan Matematika mengadakan pelatihan dosen dalam rangka mempersiapkan untuk mengikuti sertifikasi microsoft. Acara diawali dengan pembukaan oleh Dekan FKIP UNLA, Dr. Hj. Euis Eka Pramiarsih, Dra., M.Pd.  Narasumber kegiatan ... Baca Selanjutnya

Ujian Sidang Skripsi Prodi PGSD, Gelombang Terakhir Tahun 2021
26/10/2021

Nama Kegiatan Sidang Skripsi Gelombang terakhir tahun 2021 Isi Kegiatan Alhamdulillah, FKIP telah mengadakan ujian sidang skripsi mahasiswa angkatan 2017 yang diawali dengan pembukaan dan diakhiri dengan penutupan. Penutupan sidang hari Selasa, tanggal 26 Oktober 2021 dihadiri oleh Wakil Dekan I, Kaprodi PGSD, Sekretaris prodi Pendidikan Ekonomi, Sekretaris Prodi PGSD, perwakilan dosen dari Pendidikan Matematika dan PGSD Peserta Mahasiswa prodi PGSD angaktan 2017

Monev Program KSKI MBKM Prodi Pendidikan Ekonomi dan Prodi Hukum
Asep Hidayat | 19/10/2021

Dalam rangka mendukung implementasi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada tahun 2021 melaksanakan program bantuan Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi MBKM. Untuk tahun anggaran 2021, Universitas Langlangbuana memperoleh bantuan untuk dua program studi yaitu program studi Pendidikan Ekonomi dan Hukum. Sesuai dengan jadwal ... Baca Selanjutnya

Workshop Dosen Pembina Wirausaha
Rika Widya Sukmana | 14/10/2021

  Nama Kegiatan: Workshop Dosen Pembina Kewirausahaan. Isi Kegiatan: Pemaparan oleh narsum dari The Local Enablers secara interaktif. Setiap selesai pemaparan materi, dilanjut dengan kerja kelompok sehingga workshop tidak terasa membosankan dan tidak membuat mengantuk. Peserta dibagi ke dalam 5 kelompok secara acak. Kemudian melakukan kegiatan yang dibimbing oleh tim dari The Local Enablers, sekumpulan anak muda yang bergerak di bidang kewirausahaan. Materi tentang ... Baca Selanjutnya

Info Lainnya