FKIP UNIVERSITAS LANGLANGBUANA

INTEGRITAS, SINERGI DAN TERDEPAN

Sejarah

Dimulai pada awal tahun 1980 atas prakarsa beberapa purnawirawan Polri yang peduli terhadap pendidikan yang berdomisili di Bandung dan beberapa cendikiawan dari Universitas Padjadjaran (Unpad) serta direstui oleh Kadapol VIII Langlangbuana Jabar (sekarang Polda Jabar) pada Tahun 1982, didirikanlah Universitas Langlanghuana. Secara formal Universitas Langlangbuana didirikan oleh Yayasan Pendidikan Tri Bhakti (disingkat YPTB) dimana Kadapol VIII Langlangbuana Jabar duduk sebagai Pelindung.

Universitas Langlangbuana diselenggarakan melalui Izin Operasional dari Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah III Jabar berdasarkan Surat Keputusan No. Skep/031/1982 Tanggal 14 April 1982 kepada YPTB. Kampus UNLA berlokasi di Jalan Karapitan No. 116 Bandung.

Pada tahun 1982, untuk pertama didirikan tiga fakultas, adalah: Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Selanjutnya pada tahun 1983, dibuka dua fakultas: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Fakultas Teknik. Kemudian pada tahun 2002 dibuka program Pasca Sarjana.

Sejak berdiri, FKIP Universitas Langlangbuana telah mengalami tujuh kalih pengangkatan dekan, yaitu: Drs. H. Otong Kardisaputera, Drs. H. Otoy Soetarman, M.Pd., Dra. Hj. Erliany Syaodih, M.Pd., Drs. Asep Hidayat, M.Pd., Dr. H. Mumun Syaban, M.Pd., Prof. Dr. H. Dadang Sadeli, M.s., dan pada saat ini diangkat kembali Dr. Hj. Erliany Syaodih, M.Pd. sebagai dekan periode 2016 - 2020.