FKIP UNIVERSITAS LANGLANGBUANA

INTEGRITAS, SINERGI DAN TERDEPAN

Pendampingan Kegiatan Refleksi dan Rencana Tindakan

PKM Pengembangan Kemampuan Menulis Tindakan Kelas Guru MTs. Miftahulfalah Bandung | 24/6/2019

Menurut Kepala MTs. Miftahulfalah, untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar kompetensi guru akan selalu ditingkatan secara berkelanjutan dan berkesinambungan baik secara mandiri maupun melalui program kemitraan dengan berbagai pihak, termasuk dengan perguruan tinggi. Berdasarkan hal ini, melalui PKM Pengembangan Kemampuan Menulis Tindakan Kelas Guru MTs. Miftahulfalah Bandung yang didanai DRPM Kemristekdikti ditawarkan pendampingan meningkatkan salah satu komponen kompetensi pedagogik yaitu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran, yang meliputi kompetensi guru dalam (1) melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan; (2) memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu; dan (3) melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu.

Berkenaan dengan hal tersebut di atas, dilakukan pendampingan kegiatan refleksi dan rencana tindakan menggunakan model in-on-in. Pelaksanaan pengabdian menggunakan model In-On-In dengan menggunakan pendekatan design thinking dari David Kelley (In), melakukan praktik materi sebelumnya melalui aktivitas pembelajaran sesuai dengan jadwal mengajar (On), dan presentasi hasil praktik dan refleksi (In). Kegiatan ini dilakukan dalam tiga tahap in yaitu Tahap 1 pada tanggal 30 Maret 2019, Tahap 2 pada tanggal 18 Mei 2019, dan Tahap 3 pada tanggal 24 Juni 2019. Diantara tahapan tersebut merupakan kegiatan on berupa aktivitas pembelajaran sesuai dengan jadwal mengajar. Pendampingan dilakukan berdasarkan kelompok kecil beranggotakan 2 - 3 orang guru yang didampingi seorang dosen pendamping yang secara kolaboratif melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan; dan memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu.

Target dari kegiatan ini adalah guru mampu menemukan rencana tindakan untuk mengatasi kesulitas belajar pada pokok bahasan tertentu, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.


Categories: DRPM