FKIP UNIVERSITAS LANGLANGBUANA

INTEGRITAS, SINERGI DAN TERDEPAN

Pendampingan Membuat Best Practice Report

PKM Pengembangan Kemampuan Menulis Tindakan Kelas Guru MTs. Miftahulfalah Bandung | 14/9/2019

Setelah selesai pelaksanaan monitoring dan evaluasi internal oleh LPM Universitas Langlangbuana, dilakukan kegiatan pendampingan guru MTs. Miftahulfalah untuk menulis best practice report berdasarkan hasil pendampingan melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Setiap guru didampingi oleh seorang dosen pendamping secara kolaboratif menggunakan design thinking approach.

Menurut Buku Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru Pembelajar, salah satu jenis publikasi ilmiah berupa hasil penelitian atau gagasan ilmiah bidang pendidikan formal adalah makalah dan artikel berupa tinjauan ilmiah gagasan atau pengalaman terbaik (best practice) di bidang pendidikan formal dan pembelajaran. Best practice dalam bidang pendidikan adalah tulisan yang berisi gagasan atau tinjauan ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelelajaran di satuan pendidikan. Kata best practice digunakan untuk mendeskripsikan/ menguraikan “pengalaman terbaik” mengenai keberhasilan seseorang atau kelompok dalam memecahkan masalah ketika melaksanakan tugas. Untuk guru terutama adalah pembelajaran dikelasnya atau disekolahnya. Best pratice atau pengalaman terbaik guru dicapai dengan sukses dan lebih cepat jika dilakukan dengan tahapan sistematis melalui pendekatan ilmiah yang langkah-langkahnya dilandasi suatu teori yang relevan dengan masalah pembelajaran.

Berdasarkan karakteristik di atas, best practice ini dijadikan sebagai output dari kegiatan PKM Pengembangan Kemampuan Menulis Tindakan Kelas Guru MTs. Miftahulfalah Bandung. Oleh karenanya, dilakukan pendampingan untuk menyusun laporan best practice (pengalaman terbaik) yang menceritakan pengalaman terbaik dalam menyelesaikan masalah pembelajaran sehingga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran. Sistematika best practice report sebagai berikut: A. Latar Belakang Masalah, B. Identifikasi Masalah, C. Tujuan, D. Hasil yang Diharapkan, E. Pelaksanaan dan Hasil Penyelesaian Masalah, dan F. Simpulan dan Saran. Berdsarkan best-practice report ini, dibuat artikel yang memenuhi syarat untuk diterbitkan pada jurnal ilmiah.


Categories: DRPM