FKIP UNIVERSITAS LANGLANGBUANA

INTEGRITAS, SINERGI DAN TERDEPAN

Pendampingan Melakukan Tindakan Reflektif untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran

Pengembangan Kemampuan Menulis Tindakan Kelas Guru MTs. Miftahulfalah Bandung | 23/3/2019

PKM berjudul Pengembangan Kemampuan Menulis Tindakan Kelas Guru MTs. Miftahulfalah Bandung merupakan salah satu program pengabdian yang didanai oleh DRPM Kemristekdikti untuk tahun pelaksanaan 2019 dengan nilai sebesar Rp.44.900.000,- dari Rp.50.000.000,- yang diusulkan. Tim Pengusul berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana, terdiri atas Asep Hidayat, Drs., M.Pd. sebagai Ketua Pengusul; dengan anggota Dr. Erliany Syaodih, Dra., M.Pd.; dan Puji Budilestari, Dra., M.Pd. Tim Pengusul didampingi oleh Tim Fasilitator, terdiri atas Popon Mariam, S.Pd., M.Pd. sebagai anggota dosen tidak terdaftar dalam Tim Pengusul, dan dua orang mahasiswa FKIP Universitas Langlangbuana: Dinda Muthmainah Firdaus (prodi Pendidikan Ekonomi), dan Rizki Amalia Febrianna (prodi Pendidikan Matematika)

Mitra sasaran program pengabdian adalah MTs. (Madrasah Tsnawiyah) Miftahulfalah, merupakan salah satu madrasah di kota Bandung yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Miftahulfalah. Madrasah ini berakreditasi A, memiliki kurang lebih 500 orang siswa dengan 27 orang guru yang memiliki standar kualifikasi akademik minimum diploma empat (D-IV) atau sarjana (S1) dengan program studi relevan terhadap mata pelajaran yang diampu serta memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional yang terintergasi dalam kinerja guru.

Program PKM ini merupakan kegiatan pendampingan untuk meningkatkan salah satu komponen kompetensi pedagogik yaitu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran, yang meliputi kompetensi guru dalam (1) melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan; (2) memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu; dan (3) melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. Permasalahan yang dihadapi oleh guru-guru MTs. Miftahulfalah, yaitu kesulitan para guru untuk mengimplementasikan tindakan reflektif tersebut.

Setelah diawali rapat koordinasi pada tanggal 19 Maret 2019 antara Tim PkM dengan Kepala dan Wakil Kepala MTs. Miftahulfalah Bandung sebagai mitra sasaran, untuk memastikan kesiapan mitra sasaran untuk melaksanakan PkM sesuai dengan usulan yang disetujui oleh DRPM Kemristekdikti. Keesokan harinya, pada tanggal 20 Maret 2019 dilaksanakan kegaitan pembukaan kegiatan PKM oleh kepada MTs. Miftahulfalah yang dihadiri oleh seluruh guru. Untuk memantapkan kesiapan Tim dan mitra sasaran melaksanakan PKM sesuai dengan usulan yang disetujui oleh DRPM Kemristekdikti, dilaksanakan kegiatan pemaparan oleh Tim PKM tentang rencana kegiatan yang akan dilakukan selama PkM dalam delapan bulan ke depan sampai dengan Desember 2019. Berdasarkan pada hasil pemaparan, ditetapkan peserta dan pengelompokkan peserta ke dalam tiga kelompok dengan masing-masing pendamping satu orang dosen.

Mengawali kegiatan pendampingan, pada tanggal 23 Maret 2019 dilaksanakan kapita selekta materi kompetensi pedagogik tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Materi terdiri atas: (1) teknik-teknik refleksi pembelajaran, pemilihan strategi, model dan metode pembelajaran yang disampaikan oleh Dr. Erliany Syaodih, Dra., M.Pd.; (2) Pemanfaatan media pembelajaran dan teknologi informasi yang disampaikan oleh Asep Hidayat, Drs., M.Pd.; dan Penyusunan proposal dan pelaksanaan PTK yang disampaikan oleh Puji Budi Lestari, Dra., M.Pd.Selain sebagai sarana persiapan, kegiatan ini juga menuntun para guru agar lebih siap mengikuti kegaitan. Kegiatan dilakukan secara interaktif yang diisi dengan sesi tanya jawab interaktif pada setiap penjelasan yang dibahas. Kegiatan ini dimaksudkan menyiapkan para guru untuk mengikuti program Pengembangan Kemampuan Menulis Tindakan Kelas Guru MTs. Miftahulfalah Bandung.


Categories: DRPM