FKIP UNIVERSITAS LANGLANGBUANA

INTEGRITAS, SINERGI DAN TERDEPAN

Pendampingan Membuat Best Practice Report

PKM Pengembangan Kemampuan Menulis Tindakan Kelas Guru MTs. Miftahulfalah Bandung | 14/9/2019

Setelah selesai pelaksanaan monitoring dan evaluasi internal oleh LPM Universitas Langlangbuana, dilakukan kegiatan pendampingan guru MTs. Miftahulfalah untuk menulis best practice report berdasarkan hasil pendampingan melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Setiap guru didampingi oleh seorang dosen pendamping secara kolaboratif menggunakan design thinking approach.

Menurut Buku Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru Pembelajar, salah satu jenis publikasi ilmiah berupa hasil penelitian atau gagasan ilmiah bidang pendidikan formal adalah makalah dan artikel berupa tinjauan ilmiah gagasan atau pengalaman terbaik (best practice) di bidang pendidikan formal dan pembelajaran. Best practice dalam bidang pendidikan adalah tulisan yang berisi gagasan atau tinjauan ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelelajaran di satuan pendidikan. Kata best practice digunakan untuk mendeskripsikan/ menguraikan “pengalaman terbaik” mengenai keberhasilan seseorang atau kelompok dalam memecahkan masalah ketika melaksanakan tugas. Untuk guru terutama adalah pembelajaran dikelasnya atau disekolahnya. Best pratice atau pengalaman terbaik guru dicapai dengan sukses dan lebih cepat jika dilakukan dengan tahapan sistematis melalui pendekatan ilmiah yang langkah-langkahnya dilandasi suatu teori yang relevan dengan masalah pembelajaran.

Berdasarkan karakteristik di atas, best practice ini dijadikan sebagai output dari kegiatan PKM Pengembangan Kemampuan Menulis Tindakan Kelas Guru MTs. Miftahulfalah Bandung. Oleh karenanya, dilakukan pendampingan untuk menyusun laporan best practice (pengalaman terbaik) yang menceritakan pengalaman terbaik dalam menyelesaikan masalah pembelajaran sehingga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran. Sistematika best practice report sebagai berikut: A. Latar Belakang Masalah, B. Identifikasi Masalah, C. Tujuan, D. Hasil yang Diharapkan, E. Pelaksanaan dan Hasil Penyelesaian Masalah, dan F. Simpulan dan Saran. Berdsarkan best-practice report ini, dibuat artikel yang memenuhi syarat untuk diterbitkan pada jurnal ilmiah.

Categories DRPM

Monev Internal PKM Pendanaan DRPM Ristekdikti

Pengembangan Kemampuan Menulis Tindakan Kelas Guru MTs. Miftahulfalah Bandung | 14/9/2019

Sesuai dengan surat dari Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat Kemristekdikti, Nomor B/825/E3.3/RA.03/2019 tanggal 29 Agustus 2019 perihal Pemberitahuan Persiapan Monitoring dan Evaluasi Penugasan Program Pengabdian kepada Masyarakat Mono Tahun dan Multi Tahun , Pelaksanaan Tahun Anggaran 2019 29 Agustus 2019, pada tanggal 14 September 2019, LPM (Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat) Universitas Langlangbuana melakukan monitoring dan evaluasi (monev) internal sebelum pelaksanaan monev eksternal dari Direktorat Riset dan Pengabdian (DRPM) kepada Masyarakat Kemristekdikti. Pelaksana monev internal, ditugaskan Dr. Mumun Syaban, Drs., M.Si. sebagai reviewer internal untuk program pengabdian berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Langlangbuana Nomor SKEP/046/UNLA/R/KP/VIII/2018.

Monev internal diawali dengan pemaparan singkat dari Asep Hidayat, Drs., M.Pd. sebagai Ketua Pengusul tentang pelaksanaan PKM Pengembangan Kemampuan Menulis Tindakan Kelas Guru MTs. Miftahulfalah Bandung, diantaranya tentang identitas dan permasalahan mitra, solusi yang dilakukan, luaran kegiatan dan kemajuan yang diperoleh mitra, dan hasil atau luaran PKM.

Selanjutnya, Dr. Mumun Syaban, Drs., M.Si. sebagai reviewer internal Universitas Langlangbuana melakukan evaluasi lapangan  terkait aspek-aspek: kesesuaian mitra, teknologi yang diaplikasikan, kesesuaian kegiatan yang dilaksanakan dengan rencana, peningkatan pemahaman dan ketrampilan masyarakat; capaian yang dihasilkan; kepuasan mitra; dan kerjasama serta kekompakan tim. Evaluasi lapangan dilakukan dengan pengamatan dan tanya jawab dengan mitra sasaran. Secara keseluruhan, Dr. Mumun Syaban, Drs., M.Si. menyatakan bahwa hasil monev internal sangat memuaskan.

Categories DRPM

Kegiatan Pendampingan Penyusunan RPP Sesuai dengan Rencana Tindakan

PKM Pengembangan Kemampuan Menulis Tindakan Kelas Guru MTs. Miftahulfalah Bandung | 7/8/2019

PKM Pengembangan Kemampuan Menulis Tindakan Kelas Guru MTs. Miftahulfalah Bandung yang didani DRPM Kemristekdikti bertujuan untuk meningkatkan salah satu komponen kompetensi pedagogik yaitu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran, yang meliputi kompetensi guru dalam (1) melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan; (2) memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu; dan (3) melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. Dua tahapan telah dilakukan, tindakan selanjutnya adalah menurunkannya pada RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) supaya bisa dieksekusi di kelas.

Berdasarkan hal tersebut, dilakukan kegiatan pendampingan menyusun RPP sesuai dengan rencana tindakan sebelumnya mulai dari 25 Juli 2019 sampai dengan 7 Agustus 2019 dengan menggunakan model in-on-in yang dilaksanakan dalam tiga tahapan. Dalam penyusunan RPP ini timbul permasalahan tentang format RPP yang digunakan, supaya sesuai dengan kebutuhan akreditasi sekolah. Oleh karena itu, pada tanggal 29 Juli 2019 dilaksanakan kegiatan Paparan Juknis RPP pada Madrasah (SK Dirjen Pendis Kemenag No. 5164 Tahun 2018) dengan narasumber Ida Siti Chadidjah, M.Pd. JFU Kurikulum dari Mapenda Kemenag Kota Bandung, dan Pengembangan Unit Pembelajaran nara sumber dari Iwan Gunawan, M.Pmat dari Universitas Langlangbuana. Berdasarkan hasil paparan tersebut, Ada kesamaan persepsi terhadap penyusunan RPP sesuai dengan Juknis RPP pada Madrasah (SK Dirjen Pendis Kemenag No. 5164 Tahun 2018), serta mengetahui pentingnya Unit Pembelajaran dalam menyusun RPP.

Target dari kegaitan ini adalah tersedianya tiga buah RPP yang sesuai dengan rencana tindakan untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran. Dari tiga buah RPP ini, nantinya akan dipilih satu buah RPP yang implementasi tindakannya akan diobservasi.

 

Categories DRPM

Pendampingan Kegiatan Refleksi dan Rencana Tindakan

PKM Pengembangan Kemampuan Menulis Tindakan Kelas Guru MTs. Miftahulfalah Bandung | 24/6/2019

Menurut Kepala MTs. Miftahulfalah, untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar kompetensi guru akan selalu ditingkatan secara berkelanjutan dan berkesinambungan baik secara mandiri maupun melalui program kemitraan dengan berbagai pihak, termasuk dengan perguruan tinggi. Berdasarkan hal ini, melalui PKM Pengembangan Kemampuan Menulis Tindakan Kelas Guru MTs. Miftahulfalah Bandung yang didanai DRPM Kemristekdikti ditawarkan pendampingan meningkatkan salah satu komponen kompetensi pedagogik yaitu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran, yang meliputi kompetensi guru dalam (1) melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan; (2) memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu; dan (3) melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu.

Berkenaan dengan hal tersebut di atas, dilakukan pendampingan kegiatan refleksi dan rencana tindakan menggunakan model in-on-in. Pelaksanaan pengabdian menggunakan model In-On-In dengan menggunakan pendekatan design thinking dari David Kelley (In), melakukan praktik materi sebelumnya melalui aktivitas pembelajaran sesuai dengan jadwal mengajar (On), dan presentasi hasil praktik dan refleksi (In). Kegiatan ini dilakukan dalam tiga tahap in yaitu Tahap 1 pada tanggal 30 Maret 2019, Tahap 2 pada tanggal 18 Mei 2019, dan Tahap 3 pada tanggal 24 Juni 2019. Diantara tahapan tersebut merupakan kegiatan on berupa aktivitas pembelajaran sesuai dengan jadwal mengajar. Pendampingan dilakukan berdasarkan kelompok kecil beranggotakan 2 - 3 orang guru yang didampingi seorang dosen pendamping yang secara kolaboratif melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan; dan memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu.

Target dari kegiatan ini adalah guru mampu menemukan rencana tindakan untuk mengatasi kesulitas belajar pada pokok bahasan tertentu, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Categories DRPM

Pendampingan Melakukan Tindakan Reflektif untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran

Pengembangan Kemampuan Menulis Tindakan Kelas Guru MTs. Miftahulfalah Bandung | 23/3/2019

PKM berjudul Pengembangan Kemampuan Menulis Tindakan Kelas Guru MTs. Miftahulfalah Bandung merupakan salah satu program pengabdian yang didanai oleh DRPM Kemristekdikti untuk tahun pelaksanaan 2019 dengan nilai sebesar Rp.44.900.000,- dari Rp.50.000.000,- yang diusulkan. Tim Pengusul berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana, terdiri atas Asep Hidayat, Drs., M.Pd. sebagai Ketua Pengusul; dengan anggota Dr. Erliany Syaodih, Dra., M.Pd.; dan Puji Budilestari, Dra., M.Pd. Tim Pengusul didampingi oleh Tim Fasilitator, terdiri atas Popon Mariam, S.Pd., M.Pd. sebagai anggota dosen tidak terdaftar dalam Tim Pengusul, dan dua orang mahasiswa FKIP Universitas Langlangbuana: Dinda Muthmainah Firdaus (prodi Pendidikan Ekonomi), dan Rizki Amalia Febrianna (prodi Pendidikan Matematika)

Mitra sasaran program pengabdian adalah MTs. (Madrasah Tsnawiyah) Miftahulfalah, merupakan salah satu madrasah di kota Bandung yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Miftahulfalah. Madrasah ini berakreditasi A, memiliki kurang lebih 500 orang siswa dengan 27 orang guru yang memiliki standar kualifikasi akademik minimum diploma empat (D-IV) atau sarjana (S1) dengan program studi relevan terhadap mata pelajaran yang diampu serta memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional yang terintergasi dalam kinerja guru.

Program PKM ini merupakan kegiatan pendampingan untuk meningkatkan salah satu komponen kompetensi pedagogik yaitu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran, yang meliputi kompetensi guru dalam (1) melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan; (2) memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu; dan (3) melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. Permasalahan yang dihadapi oleh guru-guru MTs. Miftahulfalah, yaitu kesulitan para guru untuk mengimplementasikan tindakan reflektif tersebut.

Setelah diawali rapat koordinasi pada tanggal 19 Maret 2019 antara Tim PkM dengan Kepala dan Wakil Kepala MTs. Miftahulfalah Bandung sebagai mitra sasaran, untuk memastikan kesiapan mitra sasaran untuk melaksanakan PkM sesuai dengan usulan yang disetujui oleh DRPM Kemristekdikti. Keesokan harinya, pada tanggal 20 Maret 2019 dilaksanakan kegaitan pembukaan kegiatan PKM oleh kepada MTs. Miftahulfalah yang dihadiri oleh seluruh guru. Untuk memantapkan kesiapan Tim dan mitra sasaran melaksanakan PKM sesuai dengan usulan yang disetujui oleh DRPM Kemristekdikti, dilaksanakan kegiatan pemaparan oleh Tim PKM tentang rencana kegiatan yang akan dilakukan selama PkM dalam delapan bulan ke depan sampai dengan Desember 2019. Berdasarkan pada hasil pemaparan, ditetapkan peserta dan pengelompokkan peserta ke dalam tiga kelompok dengan masing-masing pendamping satu orang dosen.

Mengawali kegiatan pendampingan, pada tanggal 23 Maret 2019 dilaksanakan kapita selekta materi kompetensi pedagogik tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Materi terdiri atas: (1) teknik-teknik refleksi pembelajaran, pemilihan strategi, model dan metode pembelajaran yang disampaikan oleh Dr. Erliany Syaodih, Dra., M.Pd.; (2) Pemanfaatan media pembelajaran dan teknologi informasi yang disampaikan oleh Asep Hidayat, Drs., M.Pd.; dan Penyusunan proposal dan pelaksanaan PTK yang disampaikan oleh Puji Budi Lestari, Dra., M.Pd.Selain sebagai sarana persiapan, kegiatan ini juga menuntun para guru agar lebih siap mengikuti kegaitan. Kegiatan dilakukan secara interaktif yang diisi dengan sesi tanya jawab interaktif pada setiap penjelasan yang dibahas. Kegiatan ini dimaksudkan menyiapkan para guru untuk mengikuti program Pengembangan Kemampuan Menulis Tindakan Kelas Guru MTs. Miftahulfalah Bandung.

Categories DRPM

Penerima Pendanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Tahun 2019

4/3/2019

Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Nomor 6/E/KPT/2019 tanggal 19 Februari 2019 tentang Penerima Pendanaan Penelitian di Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Tahun 2019, Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Nomor 7/E/KPT/2019 tanggal 19 Februari 2019 tentang Penerima Pendanaan Penelitian di Perguruan Tinggi Tahun 2019, dan Keputusan Dirjen Penguatan Risbang Nomor 8/E/KPT/2019 tentang tentang Penerima Pendanaan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2019, Universitas Langlangbuana termasuk penerima pendanaan dimaksud, sebagai berikut:

No. Nama Asal Fakultas Judul Skim
Pendanaan Penelitian
1.

Ganjar Turesna

Fakultas Teknik Proteksi Sistem Keamanan Kendaraan Mobil Menggunakan RFID E-KTP Berbasis MCU ATMega 328 Penelitian Dosen Pemula
2. Rika Widya Sukmana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Upaya Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Penelitian Dosen Pemula
3. Nova Asriana Ms Fakultas Teknik Pengembangan Kampung Wisata Tuan Kentang sebagai Sentra Tenun dengan Pendekatan Urban Experience Tourism Penelitian Dosen Pemula
4. Tyas Santri Fakultas Teknik Pengembangan Permukiman Nelayan Melalui Pendekatan Urban Assemblage Antara Permukiman Nelayan “Kingking” dengan Kawasan Wisata Disekitarnya Penelitian Dosen Pemula
5. Rina Kurnia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Alat Peraga "Dulok Kumisan" dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Peserta Didik Penelitian Dosen Pemula
6. Nuri Annisa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Bagi Siswa Slow Learner Penelitian Dosen Pemula
7. Hennie Husniah Fakultas Teknik Pemodelan Pertumbuhan Terorisme Upaya Polri Mengurangi Populasi Teroris Penelitian Dasar
8. Hennie Husniah Fakultas Teknik Model Pemeliharaan Armada Bis Kota Damri Berbasis Data Real Time Penelitian Terapan
9. Andriana Fakultas Teknik Indonesian Sign Languange Recognition (Insl) Menggunakan Algoritma Elm dan Sistem Time Of Flight Kamera untuk Komunikasi Antara Penderita Tuna Rungu, Tuna Wicara Dan Masyarakat Normal Penelitian Terapan
Pendanaan Pengabdian
1. Asep Hidayat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pengembangan Kemampuan Menulis Tindakan Kelas Guru MTs. Miftahulfalah Bandung Program Kemitraan Masyarakat
2. Siti Anah Kunyati Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Pemberdayaan Sosial Ekonomi Keluarga Tuna Wisma di Kota Bandung Program Kemitraan Masyarakat

Sumber: Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat, Nomor: T/140/E3/RA.00/2019 tanggal 25 Februari 2019, perihal Penerima Pendanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Tahun 2019.

Kami mengucapkan selamat kepada dosen Universitas Langlangbuana yang terpilih sebagai penerima pendanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tahun 2019. Bagi pengusul yang belum mendapatkan pendanaan tahun ini, dapat mengusulkan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk pendanaan tahun 2020.

Categories DRPM

Buka Bersana

10/10/2017

Keluarga Besar P.MIPA  menyelenggarakan acara Buka Bersama dengan biaya 20K   yang akan diselenggarakan pada :

Hari /Tanggal   : Jumat/16 Juni 2017

Waktu   : 16.00 s.d Selesai

Tempat   Ruang G.3.2.

 

Sumber : https://www.instagram.com/himadiktikaunla/

Categories Kemahasiswaan

Buka Bersana

9/6/2017

Keluarga Besar PEKO UNLA  menyelenggarakan acara Buka Bersama dengan tema : "Raih Keberkahan Melalui Kebersamaan " dengan biaya 20K   yang akan diselenggarakan pada :

Hari /Tanggal   : Kamis/15 Juni 2017

Waktu   : 16.00 s.d Selesai

Tempat   Ruang G.3.2.

Contact Person :

  • Pupita 083821000936
  • Shinta 083121663606
  • Rifanty 081313355830

 

Sumber : https://www.instagram.com/himadiksi_unla/

Categories Kemahasiswaan

Persyaratan Pendaftaran Ujian Sidang

8/6/2017

Disampaikan Persyaratan Ujian Sidang sbb:

  1. Draft Skripsi 3 Buku yang sudah ditandatangani oleh Pembimbing
  2. Perolehan Nilai Pencapaian Kurikulum
  3. Lunas DPP Semester Genap Tahun Akademik 2016/2017
  4. Foto Copy Bukti Pembayaran Ujian Sidang
  5. Foto Copy Ijazah SMA/Sederajat, D3 dan S1 (Legalisir terbaru)
  6. Foto Copy Transkrip Nilai D3, S1 bagi Mahasiswa Pindahan (Legalisir Terbaru)
  7. Foto Copy Sertifikat PASUPATI
  8. Foto Copy Sertifikat LDKM
  9. Foto Copy Sertifikat KKNM
  10. Pas Foto Hitam Putih Terbaru
  • Ukuran 3 x 4 sebanyak 6 Lembar
  • Ukuran 4 x 6 sebanyak 6 Lembar

Catatan :

  • Pas Foto untuk Laki-Laki memakai jas dan berdasi warna Hitam/Biru
  • Pas Foto untuk Perempuan memakai Blazer warna Hitam/Biru dan bagi yang berhijab memakai jilbab
  • Pakaian pada pelaksanaan sidang, untuk laki-laki memakai jas dan perempuan memakai blazer.

 

Sumber : Formulir Ujian Sidang..

Categories Akademik

Libur Perkuliahan

6/6/2017

Sehubungan dengan kalender libur nasional dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H, maka kami sampaikan bahwa perkuliahan diliburkan pada tanggal 17 Juni - 08 Juli 2017. Perkuliahan dimulai kembali pada tanggal 10 Juli 2017...

sumber : Surat Rektor  No. 2432/UNLA/R/PP/VI/2017, 06 Juni 2017

Categories Akademik